Pages

Friday 12 June 2015

CARA REGISTRASI BCA KLIKPAY DAN AKTIVASI JENIS PEMBAYARAN

Syarat dan Ketentuan BCA KlikPay
A. DEFINISI
  1. BCA adalah PT Bank Central Asia Tbk.
  2. BCA KlikPay adalah fasilitas yang disediakan oleh BCA untuk memproses pembayaran atas Transaksi melalui situs BCA KlikPay.
  3. Akun BCA KlikPay adalah akun yang diperoleh Pengguna BCA KlikPay setelah melakukan registrasi BCA KlikPay dan aktivasi Jenis Pembayaran.
  4. Jenis Pembayaran adalah pilihan cara pembayaran Transaksi yang terdiri dari pembayaran melalui KlikBCA Individu dan atau Kartu Kredit BCA.
  5. Kartu Kredit BCA adalah kartu kredit BCA yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Transaksi melalui BCA KlikPay yang akan ditentukan dari waktu ke waktu oleh BCA. Untuk saat ini Kartu Kredit BCA yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Transaksi adalah BCA Card.
  6. Kode Aktivasi adalah kombinasi kode yang dikirimkan oleh sistem BCA ke alamat e-mail dan nomor telepon selular (handphone) yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay pada situs BCA KlikPay untuk melakukan aktivasi Jenis Pembayaran.
  7. Pengguna BCA KlikPay adalah nasabah pemegang User ID KlikBCA Individu dan atau pemegang Kartu Kredit BCA yang telah memiliki Akun BCA KlikPay.
  8. Merchant adalah pengusaha yang menjual/menawarkan produk dan atau jasanya melalui situs yang menerima pembayaran melalui BCA KlikPay.
  9. One Time Password atau OTP adalah kode sandi yang bersifat unik yang dihasilkan oleh sistem BCA dan dikirimkan dalam bentuk Short Message Service (SMS) ke telepon selular (handphone) Pengguna BCA KlikPay yang telah terdaftar di BCA KlikPay untuk melakukan transaksi tertentu di situs BCA KlikPay.
  10. Transaksi adalah transaksi elektronik pembelian produk dan atau jasa yang dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay melalui situs Merchant yang bekerja sama dengan BCA.


B. REGISTRASI BCA KLIKPAY DAN AKTIVASI JENIS PEMBAYARAN
  1. Untuk dapat memperoleh Akun BCA KlikPay calon Pengguna BCA KlikPay wajib melakukan registrasi BCA KlikPay dan aktivasi Jenis Pembayaran.
  2. Pada saat registrasi BCA KlikPay, calon Pengguna BCA KlikPay wajib:
    1. memasukkan antara lain:
      1. alamat e-mail yang masih aktif. Jika Jenis Pembayaran yang akan dipilih adalah KlikBCA Individu, maka calon Pengguna BCA KlikPay wajib memasukkan alamat e-mail yang terdaftar pada KlikBCA Individu;
      2. kata sandi (Password ); dan
      3. nomor telepon seluler (handphone) yang masih aktif. Jika Jenis Pembayaran yang akan dipilih adalah Kartu Kredit BCA, calon Pengguna BCA KlikPay wajib memasukkan nomor telepon seluler (handphone) yang tercatat pada database pemegang Kartu Kredit BCA.
    2. memilih Jenis Pembayaran yang akan dihubungkan pada Akun BCA KlikPay, dengan ketentuan:
      1. Untuk Jenis Pembayaran melalui KlikBCA Individu, fasilitas KlikBCA dan KeyBCA calon Pengguna BCA KlikPay harus aktif atau tidak terblokir;
      2. Untuk Jenis Pembayaran melalui Kartu Kredit BCA, Kartu Kredit BCA calon Pengguna BCA KlikPay valid, masih aktif, atau tidak terblokir.
  3. BCA tidak akan memproses registrasi BCA KlikPay apabila tidak memenuhi ketentuan tersebut di atas atau karena sebab-sebab lainnya sesuai kebijakan BCA.
  4. Calon Pengguna BCA KlikPay bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul atas penyalahgunaan data yang didaftarkan pada saat registrasi BCA KlikPay.
  5. Setelah registrasi BCA KlikPay berhasil diproses, calon Pengguna BCA KlikPay wajib melakukan aktivasi sesuai Jenis Pembayaran yang dipilih dengan memasukkan Kode Aktivasi.
  6. Aktivasi BCA KlikPay dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Aktivasi Jenis Pembayaran KlikBCA Individu dilakukan melalui https://ibank.klikbca.com pada menu Administrasi - Aktivasi BCA KlikPay. Apabila User ID KlikBCA Individu Pengguna BCA KlikPay terhubung dengan lebih dari 1 (satu) rekening, maka Pengguna BCA KlikPay harus memilih rekening yang akan didebet untuk pembayaran Transaksi.
    2. Aktivasi Jenis Pembayaran Kartu Kredit BCA dilakukan melalui situs BCA KlikPay yaitu https://klikpay.klikbca.com pada menu Administrasi - Aktivasi BCA KlikPay.
  7. Pengguna BCA KlikPay dapat mengubah, menambah, atau menghapus Jenis Pembayaran yang telah diaktivasi sebelumnya melalui situs BCA KlikPay.

C. PEMBAYARAN
  1. Setelah selesai melakukan Transaksi dan memilih BCA KlikPay sebagai metode pembayaran, maka Pengguna BCA KlikPay akan diarahkan ke situs BCA KlikPay untuk proses pembayaran Transaksi.
  2. Untuk dapat melakukan pembayaran melalui situs BCA KlikPay, Pengguna BCA KlikPay wajib melakukan login atas Akun BCA KlikPay dengan memasukkan alamat e-mail dan Password yang telah didaftarkan.
  3. Pada saat melakukan pembayaran Transaksi, Pengguna BCA KlikPay harus mengaktifkan telepon selular (handphone) yang terdaftar di BCA KlikPay untuk keperluan pengiriman OTP.
  4. BCA tidak menjamin atau tidak wajib memeriksa keabsahan data Transaksi yang diterima dari Merchant.
  5. Pengguna BCA KlikPay wajib memeriksa data Transaksi yang ditampilkan di SMS dan situs BCA KlikPay sebelum melakukan pembayaran Transaksi. Pembayaran Transaksi yang telah diproses BCA tidak dapat dibatalkan. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan dijalankannya pembayaran Transaksi menjadi tanggung jawab Pengguna BCA KlikPay sepenuhnya.
  6. Pembayaran akan dilakukan dalam mata uang rupiah (IDR).
  7. Pengguna BCA KlikPay wajib memastikan bahwa saldo dalam rekening Pengguna BCA KlikPay mencukupi (untuk Jenis Pembayaran KlikBCA Individu) atau limit Kartu Kredit BCA mencukupi (untuk Jenis Pembayaran Kartu Kredit BCA) sebelum melakukan pembayaran.
  8. BCA berhak untuk menolak pembayaran Transaksi melalui BCA KlikPay antara lain apabila:
    1. data yang di-input Pengguna BCA KlikPay tidak valid;
    2. KlikBCA Individu, Kartu Kredit BCA, dan atau Kartu PASPOR BCA milik Pengguna BCA KlikPay yang terkoneksi dengan rekening Pengguna BCA KlikPay yang didaftarkan pada BCA KlikPay tidak dapat digunakan untuk bertransaksi sesuai ketentuan yang berlaku di BCA;
    3. rekening sumber dana yang terdaftar pada BCA KlikPay dormant atau terblokir;
    4. saldo rekening sumber dana yang terdaftar pada BCA KlikPay tidak mencukupi;
    5. limit Kartu Kredit BCA Pengguna BCA KlikPay tidak mencukupi;
    6. limit harian Transaksi Akun BCA KlikPay tidak mencukupi;
    7. Transaksi melampaui limit yang ditentukan Merchant;
    8. Jenis Pembayaran yang dipilih untuk melakukan Transaksi tidak diterima oleh Merchant.
  9. BCA akan mengirimkan notifikasi pembayaran Transaksi yang telah diproses BCA ke alamat e-mail  Pengguna BCA KlikPay.
  10. Limit pembayaran Transaksi per Akun BCA KlikPay adalah minimal sebesar Rp 10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) dan maksimal sebesar Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) per hari. Keberlakuan limit dimaksud tetap memperhatikan:
    1. pembatasan nilai nominal Transaksi; 
    2. ketersediaan saldo di rekening sumber dana pembayaran Transaksi atau limit Kartu Kredit BCA yang digunakan untuk melakukan pembayaran Transaksi.
  11. BCA atas pertimbangannya sendiri berhak untuk setiap saat mengubah limit pembayaran Transaksi tersebut di atas, perubahan mana akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna BCA KlikPay dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  12. Transaksi dapat dibayar lunas (non cicilan) atau dengan cara cicilan sesuai dengan metode pembayaran yang disediakan oleh Merchant .
  13. Pembayaran dengan cara cicilan hanya dapat dilakukan dengan menggunakan Kartu Kredit BCA.
  14. Transaksi yang dilakukan pada satu sesi internet dapat dibayar lunas dengan menggunakan hanya satu Jenis Pembayaran yang tersedia.

D. PEMBUKTIAN
  1. Pengguna BCA KlikPay menyetujui bahwa setiap data dan instruksi yang dikirimkan oleh Pengguna BCA KlikPay yang tersimpan dalam database BCA dalam bentuk apapun dan komunikasi yang ditransmisi secara elektronik antara BCA dan Pengguna BCA KlikPay merupakan data yang benar dan merupakan alat bukti yang sah atas instruksi dari Pengguna BCA KlikPay kepada BCA meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani, kecuali Pengguna BCA KlikPay dapat membuktikan sebaliknya.
  2. Pengguna BCA KlikPay menyetujui bahwa setiap instruksi yang diterima dan berhasil diproses oleh BCA merupakan instruksi yang sah dari Pengguna BCA KlikPay. BCA tidak berkewajiban untuk melakukan verifikasi apakah pihak yang memberikan instruksi adalah Pengguna BCA KlikPay yang benar, menilai atau membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud. Setiap instruksi yang diterima oleh BCA tersebut sah mengikat dan menjadi tanggung jawab Pengguna BCA KlikPay sepenuhnya, kecuali Pengguna BCA KlikPay dapat membuktikan sebaliknya.

E. KEAMANAN AKUN BCA KLIKPAY DAN DATA PENGGUNA BCA KLIKPAY
  1. Pengguna BCA KlikPay wajib menjaga keamanan Akun BCA KlikPay antara lain dengan cara:
    1. Tidak memberitahukan Password,  Kode Aktivasi, dan OTP kepada orang lain untuk mendapatkan hadiah atau untuk tujuan apapun termasuk kepada anggota keluarga, sahabat, karyawan BCA, dan atau Merchant .
    2. Tidak menuliskan Password,  Kode Aktivasi, dan OTP pada meja, terminal atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau pada aplikasi komputer atau handphone atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui oleh orang lain.
    3. Password,  Kode Aktivasi, dan OTP harus digunakan dengan hati-hati agar tidak terlihat oleh orang lain.
    4. Tidak menggunakan Password  yang diberikan oleh orang lain atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya, nomor telepon, dan nama Pengguna BCA KlikPay.
    5. Menggunakan komputer atau perangkat elektronik pribadi dalam mengakses BCA KlikPay.
  2. Jika Pengguna BCA KlikPay sudah tidak menggunakan alamat e-mail atau nomor telepon selular (handphone) yang sebelumnya didaftarkan pada saat registrasi BCA KlikPay, Pengguna BCA KlikPay wajib menutup Akun BCA KlikPay untuk menghindari potensi kerugian bagi Pengguna BCA KlikPay yang timbul akibat penyalahgunaan alamat e-mail dan nomor handphone Pengguna BCA KlikPay. Segala transaksi yang dilakukan sebelum Pengguna BCA KlikPay menutup Akun BCA KlikPay menjadi tanggung jawab Pengguna BCA KlikPay sepenuhnya. Untuk dapat kembali menggunakan BCA KlikPay, Pengguna BCA KlikPay wajib melakukan registrasi ulang.
  3. Jika Pengguna BCA KlikPay menduga Password-nya telah diketahui oleh orang lain, Pengguna BCA KlikPay wajib segera mengganti Password pada situs BCA KlikPay. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan tidak dilakukannya penggantian Password dimaksud menjadi tanggung jawab Pengguna BCA KlikPay sepenuhnya.
  4. Penggantian atau pembuatan Password baru dapat dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay pada situs BCA KlikPay. Selanjutnya BCA akan mengirimkan email yang memuat link untuk keperluan penggantian atau pembuatan Password baru ke alamat email Pengguna BCA KlikPay yang terdaftar pada BCA KlikPay. Pengguna BCA KlikPay wajib untuk segera mengakses link yang diberikan BCA tersebut untuk melakukan pembuatan Password baru dalam jangka waktu yang ditentukan BCA.
  5. Pengguna BCA KlikPay bertanggung jawab sepenuhnya atas segala instruksi yang dilakukan dengan menggunakan data alamat e-mail, Password, dan OTP yang diproses BCA sebelum Pengguna BCA KlikPay menutup Akun BCA KlikPay. Dengan ini Pengguna BCA KlikPay membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, dan atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun terkait dengan dijalankannya instruksi dimaksud.
  6. BCA berhak untuk tidak mengirimkan Kode Aktivasi atau OTP apabila Pengguna BCA KlikPay salah memasukkan Kode Aktivasi atau OTP sampai jumlah tertentu.
  7. Demi keamanan Pengguna BCA KlikPay, BCA berhak untuk memblokir Akun BCA KlikPay, rekening Pengguna BCA KlikPay, dan atau Kartu Kredit BCA Pengguna BCA KlikPay apabila Pengguna BCA KlikPay salah memasukkan data sampai dengan jumlah tertentu.
  8. OTP yang dikirimkan BCA hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali transaksi selama sesi internet atas transaksi dimaksud berlangsung. Setelah OTP digunakan atau sesi dimaksud berakhir, OTP yang telah dikirimkan sebelumnya tidak dapat digunakan kembali. Jika Pengguna BCA KlikPay hendak mengulang transaksi dimaksud, Pengguna BCA KlikPay wajib memasukkan OTP yang baru.

F. PEMBLOKIRAN AKUN BCA KLIKPAY
  1. Akun BCA KlikPay akan diblokir antara lain jika Pengguna BCA KlikPay salah memasukkan OTP sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut pada saat melakukan pembayaran Transaksi.
  2. Pembukaan pemblokiran Akun BCA KlikPay dapat dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay dengan menghubungi Halo BCA.

G. E-MAIL  dan NOMOR HANDPHONE 
  1. Alamat e-mail yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay pada saat registrasi BCA KlikPay akan digunakan oleh BCA untuk mengirim informasi atas pembayaran Transaksi, Kode Aktivasi yang telah dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay melalui BCA KlikPay, dan notifikasi lainnya terkait dengan transaksi yang dilakukan melalui BCA KlikPay.
  2. Nomor telepon selular (handphone) yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay pada saat registrasi BCA KlikPay akan digunakan oleh BCA untuk mengirim Kode Aktivasi dan OTP.
  3. Pengguna BCA KlikPay akan dikenakan biaya Short Message Service (SMS) oleh operator telepon selular (handphone) setiap kali menerima informasi Transaksi, Kode Aktivasi, OTP, dan atau informasi lainnya yang dikirimkan oleh BCA ke nomor telepon selular (handphone) Pengguna BCA KlikPay. Besarnya biaya SMS beragam tergantung kebijakan masing-masing operator telepon selular (handphone).
  4. BCA tidak bertanggung jawab atas kebenaran alamat e-mail maupun nomor telepon selular (handphone) yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay.
  5. Pengguna BCA KlikPay bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan:
    1. pengiriman informasi Transaksi, Kode Aktivasi dan atau OTP ke alamat e-mail dan atau nomor telepon selular (handphone) dan pengiriman informasi lainnya terkait dengan penggunaan BCA KlikPay ke alamat e-mail yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay;
    2. kegagalan pengiriman informasi Transaksi, Kode Aktivasi dan atau OTP ke alamat e-mail dan atau nomor telepon selular (handphone) maupun kegagalan pengiriman informasi lainnya terkait dengan penggunaan BCA KlikPay ke alamat e-mail yang didaftarkan oleh Pengguna BCA KlikPay yang bukan disebabkan kesalahan BCA.
  6. BCA tidak menjamin keamanan informasi atau data yang dikirim oleh BCA melalui alamat e-mail  lain selain alamat e-mail  yang ditentukan oleh BCA yang akan diberitahukan oleh BCA dari waktu ke waktu.
  7. BCA tidak bertanggung jawab atas kerahasiaan dan atau penyalahgunaan segala informasi dan atau data yang dikirim oleh BCA terkait dengan setiap transaksi yang dilakukan melalui BCA KlikPay setelah informasi dan atau data tersebut dikirimkan keluar dari sistem BCA.
H. PENDEBETAN REKENING DAN PEMBEBANAN KARTU KREDIT
  1. BCA berhak untuk membebankan biaya atas penggunaan BCA KlikPay oleh Pengguna BCA KlikPay.
  2. BCA berhak atas pertimbangannya sendiri untuk sewaktu-waktu mengubah dan atau menambah biaya-biaya yang dibebankan kepada Pengguna BCA KlikPay yang akan diberitahukan kepada Pengguna BCA KlikPay dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  3. Pengguna BCA KlikPay dengan ini memberikan kuasa kepada BCA untuk mendebet rekening Pengguna BCA KlikPay di BCA dan atau membebankan tagihan Kartu Kredit BCA Pengguna BCA KlikPay untuk keperluan pemrosesan Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna BCA KlikPay serta untuk pemenuhan kewajiban-kewajiban Pengguna BCA KlikPay lainnya yang timbul sehubungan dengan Transaksi dan atau penggunaan BCA KlikPay oleh Pengguna BCA KlikPay, yang cukup dibuktikan antara lain dengan invoice, bukti pengiriman, atau log Transaksi.
  4. Kuasa sebagaimana tersebut di atas tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Pengguna BCA KlikPay masih memiliki kewajiban kepada BCA terkait dengan Transaksi dan penggunaan BCA KlikPay oleh Pengguna BCA KlikPay.

I. PENGAKHIRAN PENGGUNAAN BCA KLIKPAY 

Penggunaan BCA KlikPay berakhir antara lain jika:
  1. Pengguna Akun BCA KlikPay melakukan penutupan Akun BCA KlikPay;
  2. Akun BCA KlikPay ditutup oleh BCA atas pertimbangan tertentu;
  3. Atas pertimbangan tertentu BCA menghentikanpemberian BCA KlikPay;
  4. Adanya ketentuan hukum yang membatasi dan atau melarang pemberian BCA KlikPay.

J. FORCE MAJEURE 
BCA tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul sehubungan keterlambatan dan atau tidak dapat dilaksanakannya instruksi dari Pengguna BCA KlikPay oleh BCA baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan BCA (force majeure), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, tidak berfungsinya peralatan dan sistem, gangguan pada transmisi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan kebijakan pemerintah. Pengguna BCA KlikPay dengan ini membebaskan BCA dari segala tuntutan, gugatan, dan atau tindakan hukum lainnya terkait dengan keterlambatan dan atau tidak dapat dilaksanakannya instruksi Pengguna BCA KlikPay yang disebabkan karena peristiwa force majeure.

L. LAIN-LAIN
  1. Pengguna BCA KlikPay memahami sepenuhnya bahwa:
    1. produk dan atau jasa yang pembayarannya dilakukan melalui situs BCA KlikPay bukan merupakan produk dan atau jasa BCA. Segala sesuatu yang berkaitan dengan produk dan jasa yang ditawarkan melalui situs Merchant seperti kualitas, harga, penyerahan dan pengiriman produk dan jasa merupakan tanggung jawab Merchant sepenuhnya. Segala perselisihan yang timbul sehubungan dengan Transaksi adalah di luar tanggung jawab BCA dan wajib diselesaikan oleh Pengguna BCA KlikPay dengan Merchant.
    2. Kebenaran informasi yang tercantum pada situs Merchant merupakan tanggung jawab Merchant sepenuhnya.
  2. Pengguna BCA KlikPay dengan ini membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun termasuk dari Pengguna BCA KlikPay sendiri terkait dengan produk dan atau jasa yang ditawarkan melalui situs Merchant.
  3. Pengguna BCA KlikPay telah memahami sepenuhnya isi dari Syarat dan Ketentuan BCA KlikPay PT Bank Central Asia Tbk ini ("Syarat dan Ketentuan").
  4. BCA setiap saat berhak untuk mengubah, melengkapi atau mengganti Syarat dan Ketentuan ini yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna BCA KlikPay dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  5. Dengan menggunakan BCA KlikPay, Pengguna BCA KlikPay setuju untuk tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi dan Pengamanan, maupun prosedur lainnya yang berlaku di BCA yang mengatur mengenai pemberian BCA KlikPay, termasuk setiap perubahan Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi dan Pengamanan, maupun prosedur yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna BCA KlikPay dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  6. Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini, BCA dan Pengguna BCA KlikPay sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah untuk mencapai mufakat.
  7. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, BCA dan Pengguna BCA KlikPay dengan ini sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.
Itulah tahapan-tahapan untuk menikmati layanan BCA KLIKPAY yang pastinya sangat membatu dalam melakukan transaksi secara online.

0 komentar:

Post a Comment