Pages

Tuesday 7 June 2016

Hantu dalam mitos jepang

Sudah bukan hal baru lagi jika di Indonesia malam Jum’at dicap sebagai malam penuh dengan hal-hal yang berbau mistis, entah kenapa namun hal ini sepertinya sudah melekat dan membudaya sejak dahulu kala hingga sekarang. Namun keluar dari hal itu, masing-masing negara di bumi ini memiliki legenda dan mitos-mitos menyeramkan sendiri dengan berbagai versi cerita yang kebenarannya masih dipertanyakan.
Tak hanya di Indonesia yang memiliki segudang mitos menyeramkan, di Jepang juga tak kalah memiliki banyak sekali cerita legenda dan mitos-mitos yang bikin merinding. Bahkan beberapa diantaranya mungkin akan membuat tidurmu tidak nyenyak. Sebelum kita ulas, saya sarankan kalian ajak minimal satu teman lagi untuk diajak membaca artikel ini bersama-sama. Jika sudah, mari kita simak mitos-mitos apa saja sih?
1. Tomino’s Hell
Tomino's hell
Tomino’s hell
Tomino memang bukan hantu yang menyeramkan, tapi Tomino punya puisi kematian yang bisa membuat kita merinding. Karena didalamnya tak berisi tentang hal-hal indah dan menyentuh seperti puisi pada umumnya. Kisah ini muncul dari seorang gadis kecil asal Jepang yang terlahir cacat, bernamaTomino.
Suatu hari, Tomino menulis sebuah puisi berjudul ‘Tomino’s Hell’ yang ditujukan untuk kedua orangtuanya. Membaca puisi itu, orangtua Tomino kaget, karena puisi tersebut berisi kata-kata kematian dan neraka yang menyeramkan. Orangtua Tomino pun marah dan menghukumnya dan memasukkannya ke dalam sebuah gudang sempit, tanpa diberi makan. Beberapa hari kemudian, Tomino, ditemukan meninggal dengan tidak wajar.
Ini dia sebagian terjemahan puisi berjudul ‘Tomino’s Hell’.
Melalui tujuh gunung dan lembah neraka,
Tomino yang lucu berjalan sendirian
Untuk menjemputmu ke neraka,
Duri-duri berkilauan dari atas gunung
menancapkan duri ke dalam daging yang segar,
Sebagai tanda untuk Tomino yang lucu

2. Toire No Hanako-San
hanako-san
Hanako-san
Atau yang sering disebut Hantu Toilet ini cukup membuat kita merasa tak nyaman jika ingin buang air di toilet. Kenapa? Bayangkan jika kalian hendak buang air di toilet dan tiba-tiba muncul sosok misterius yang menakutkan dari toilet, apa yang akan kalian lakukan??
Toire No Hanako-San ( Hanako-san ditoilet) adalah mitos di Jepang  yang dimulai sejak tahun 1950-an, dimana saat itu tengah heboh penampakan hantu anak kecil di sekolah dengan rok merah dan berambut bob pendek, dan biasa muncul di kamar mandi-kamar mandi di sekolah SD dijepang, berdasarkan cerita yang beredar dan desas-desus pada zaman itu, dikatakan bahwa ada seorang anak kecil yang bersembunyi di sekolah saat sedang dikejar-kejar oleh ibunya yang gila, namun malang ia berhasil ditemukan dan dibunuh oleh sang ibu.
’
Versi yang lain mengatakan bahwa hanako adalah seorang gadis yang tewas karena serangan udara perang dunia II, saat itu ia sedang bersembunyi di toilet sekolah, dan beberapa cerita lain mengatakan bahwa hanako adalah gadis yang meninggal di toilet sekolah karena sebuah kecelakaan.
Setiap sekolah punya cerita hanako-nya masing-masing, kehebohan hantu hanako ini kembali terjadi pada tahun 1980 dimana hantu ini tidak lagi muncul di toilet sekolah SD melainkan juga di SMP maupun SMA. Biasanya hanako muncul di toilet perempuan tetapi terkadang juga muncul di toilet unisex.
3. Boneka Okiku
Rambut Boneka Okiku
Boneka Okiku
Yang demen koleksi boneka, pernahkah berpikir jika mereka itu bernyawa? dan pernahkah kalian membayangkan sewatku-waktu salah satu dari mereka menampakkan tanda-tanda kehidupan? Apa yang akan kalian lakukan?Tapi percayakah jika boneka yang hidup itu benar-benar ada? Seperti Boneka Okiku di Jepang.
Tak ada yang meragukan jika boneka Okiku ini memang menyeramkan. Boneka dengan mata besar ini dinamakan dengan nama pemilik pertamanya dan dipercaya didiami oleh hantu seorang gadis. Dia memiliki tinggi 40 cm, memakai kimono dan rambut yang bisa tumbuh, ya bisa tumbuh, Gak percaya??
Rambut Boneka Okiku yang terus tumbuh
Rambut Boneka Okiku yang terus tumbuh
Boneka Okiku bisa kamu lihat di kuil Mannenji di Iwamizawa, Hokkaido. Saat pertama ditemukan, rambut Okiku tampak pendek namun setelah setahun lebih, rambutnya menjadi sepanjang 25 cm dan membuat orang-orang memotongnya setiap tahun. Legenda percaya jika boneka itu dibeli seorang pemuda untuk adiknya yang berusia 2 tahun, Okiku. Okiku sangat menyukai boneka itu, bermain dan mengajaknya berbicara. Namun tragis, Okiku meninggal dan meninggalkan boneka itu dengan rambut yang terus tumbuh.

4. Kuchisake-onna
kuchisake-onna
Kuchisake-onna
Mulai sekarang hati-hati jika berpapasan dengan wanita yang misterius dijalan apalagi yang menggunakan masker. Bisa jadi itu adalah Kuchisake-onna atau wanita bermulut robek. Sejenis siluman dalam mitologi dan legenda urban Jepang. Ia berwujud seorang wanita yang menutup mulutnya yang robek dengan kipas, syal atau masker operasi (versi yang paling populer). Ia sering muncul di jalan-jalan yang sepi dan bertanya pada orang yang ditemui apakah dirinya cantik. Bila orang itu menjawab tidak atau ketakutan melihat wujud seramnya ia akan membunuh orang itu.
Kuchisake-onna-01Dalam legenda, Kuchisake-onna tadinya adalah seorang wanita muda yang hidup pada Zaman Heian. Kemungkinan ia adalah seorang istri atau selir samurai. Ia dikaruniai wajah yang sangat cantik namun sombong, ia juga sering berselingkuh di belakang suaminya. Suaminya merasa sangat cemburu dan dikhianati menyerangnya dan membelah mulutnya dari kuping ke kuping. “Sekarang siapa yang akan berkata kau cantik?” ejek suaminya.
Sementara dalam versi legenda yang lain, Kuchisake-onna adalah seorang wanita korban operasi wajah yang gagal. Konon katanya, dokter yang mengoperasi wajahnya memakai pomade (jenis minyak rambut) dengan bau yang menusuk. Ketika sedang dioperasi ia tidak bisa tenang karena bau itu sehingga si dokter secara tidak sengaja memotong mulutnya hingga robek. Wanita itu menjadi histeris dan marah lalu membunuh dokter itu. Belakangan ia dibunuh oleh para penduduk kota dan menjadi hantu penasaran. Ada beberapa versi lain mengenai asal-usulnya namun kurang populer.

5. nure onna
Nure Onnaadalah makhluk bertubuh ular dengan kepala seorang wanita. Banyak cerita bervariasi tentang bentuk dari Nure-onna salah satunya yaitu dia digambarkan memiliki tubuh sepanjang 300 m,mempunyai cakar dan taring yang panjang serta memiliki rambut yang sangat indah dan ia slalu menggendong bayi kecilnya berbentuk seperti kepompong yang besar biasanya untuk menarik perhatian korbannya. Nure-onna biasanya terlihat di sebuah pantai, sambil mencuci rambutnya.
nure onna2Dalam beberapa cerita, Nure-onna adalah makhluk legenda yang mengerikan dan cukup kuat ia bisa menghancurkan pohon dengan sekali kibasan ekornya yang panjang dan ia sangat suka memangsa manusia. Nure-onna menggunakan lidah yang sangat panjang untuk menghisap habis darah dari tubuh korbannya kemudian ia memakannya.

0 komentar:

Post a Comment